Minggu, 11 Juli 2010

50 CALON KEPALA DAERAH MENGIKUTI PILKADA BENGKULU

50 CALON KEPALA DAERAH MENGIKUTI PILKADA BENGKULU

Bengkulu, 3/7 (ANTARA) - Sebanyak 50 pasangan calon kepala daerah provinsi dan tujuh kabupaten akan bersaing dalam pemilihan kepala daerah serentak di Bengkulu, Sabtu.

Rinciannya, sebanyak lima pasangan calon maju dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu, serta lima pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Muko Muko, Kabupaten Kepahiang, dan empat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Rejang Lebong.Selanjutnya delapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lebong, empat pasangan calon kepala daerah Kabupaten Seluma, 12 pasangan calon kepala daerah Kabupaten Kaur serta pemungutan suara ulang Kabupaten Bengkulu Selatan yang diikuti tujuh pasangan calon.

"Seluruhnya ada 50 pasangan calon yang akan dipilih masyarakat hari ini Sabtu (3/7) untuk menjadi gubernur dan wakil gubernur serta bupati dan wakil bupati," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu Dunan Herawan.

Ia mengatakan pilkada serentak tersebut digelar dengan sistem patungan dana APBD provinsi dan enam kabupaten kecuali Bengkulu Selatan yang menggelar pemungutan suara ulang pascakeputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membatalkan pasangan Dirwan Mahmud dan Hartawan karena tersangkut pidana.

Pilkada serentak yang menghabiskan dana Rp62 miliar dari APBD provinsi tersebut kata dia mampu menghemat anggaran daerah Rp40 miliar.

"Kalau digelar terpisah tentu dananya juga akan sendiri-sendiri, tetapi dengan pilkada serentak ini dana bisa berbagi seperti honor petugas pemilu dan pengawas pemilu," jelasnya.

Ia mengatakan teknis pemberian suara untuk kabupaten yang menggelar pilkada bupati akan mendapat dua surat suara yakni satu untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dan satu lagi surat suara pasangan calon bupati dan wakil bupati.

Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Provinsi Bengkulu sebanyak 1.282.356 orang, dengan rincian untuk Kota Bengkulu sebanyak 223.226 orang, Kabupaten Bengkulu Utara 184.682 orang, dan Bengkulu Tengah 69.422 orang.

Sedangkan Kabupaten Rejang Lebong 182.647 orang, Lebong 79.221 orang, Kepahiang 101.662 orang, Seluma 130.174 orang, Muko Muko 111.268 orang, Bengkulu Selatan 116.676 orang, dan Kabupaten Kaur 83.378 orang.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktops