Sabtu, 17 Juli 2010

Ford Fiesta Mobil Yang Bisa "Ngomong"

Ford Fiesta Yang Bisa "Ngomong"


PT Ford Motor Indonesia (FMI) coba bermain di kelas B-segment dengan produk andalan Fiesta. Seperti dibilang Davy Tuilan, Director Marketing bahwa kehadiran kendaraan hatchback ini diibaratkan sepasang anak kembar (cewek dan cowok). Karena, selama ini mobil-mobil yang dipasarkan mereka cenderung dominan cowok dengan Escape, Ranger dan Everest.

Kendati "followers" atau 'late coming" dikategori hatchback, tapi Fiesta memberi banyak kelebihan yang tidak dimiliki kompetitornya. Sudah begitu harga kompetitif, dengan terendah Rp167 juta dan termahal Rp187 juta.

Voice Command
Apa kelebihan dari mobil dengan bermesin, 1.400 cc DOHC 16 valve ini? pengemudi dan penumpang bisa berinteraktif dengan kendaraan. Maksudnya! Mobil dilengkapi dengan voice command, jadi dengan mengaktifkan selular melalui bluetooth, pengemudi (penumpang) tinggal menekan tombol bergambar di tuas lampu sein.


Dari layar LCD di tengah dasbor suara perempuan berbahasa Inggris menyapa. Anda mau mengaktifkan radio, CD, air conditioning atau phone. Ketika menyebut phone, dijawab lagi silakan masukkan nomornya. Jika lafalnya kurang bagus,maka yang muncul angka lain. Untuk menghapusnya cukup menyebutkan "correction" hanya angka yang salah dihapus. Jika sudah lengkap tinggal sebut "dialing".


Hanya, ketika melakukan interaktif jangan ada suara keras lain, entah dari teman. Terlebih menyebut angka, langsung terekam. Asyikkan, konsentrasi mengemudi jadi tidak terganggu. Dan teknologi ini hanya ada di mobil premium (untuk Indonesia).


Tangan harus bergeser
Hanya itu saja keistimewaannya? Masih banyak lagi. Seperti kaca spion power foldable, koneksi MP3, USB dan AUX semua model, kantung udara (airbag) untuk pengendara, laci di bawah tempat duduk (Toyota Starlet ketika hadir 1980-an yang varian ceweknya juga sudah ada), dan tersedia bluetooth, voice control dan USB.

Fiesta memiliki desain interior yang sangat modern dan perseptif. Konsole tengah dirancang modern yang bisa meletakkan beberapa botol minuman, uang logam dan selullar. Trus, tombol-tombolnya sangat intuitif dan dapat disentuh dengan mudah.

Pokoknya interiornya anak muda banget. Termasuk desain jok yang menyerupai semi-bucket seat. Maaf untuk badan subur tentu agak kurang nyaman. Kondisi yang agak kurang nyaman lainnya, ketika hendak menekan tombol naik-turun kaca, posisi tangan harus mundur membuat separuh badan ikut bergeser.

Begitu juga hendak membunyikan klakson. Tangan harus merenggangkan genggaman setir untuk menggeser jempol sekitar 10 cm sampai ke area klakson.

Yang agak tak lazim, keempat pintu tak dilengkapi dengan tombol sebagai tanda mengunci atau tidak. Indikasinya terletak pada konsol tengah berupa gambar menyerupai gembok dan akan menyala hijau (terkunci). Hanya cahayanya kurang terang (terutama pagi singga sore). Lalu, meski keempat pintu sudah terkunci masih bisa dibuka dari dalam.

Bagi yang bawa anak-anak tak usah khawatir kalau mereka bisa membuka pintu. Karena di kedua pintu belakang ada kunci lock yang difungsikan pada kunci tersendiri.

Kinetic design
Dari sisi bentuk, ketika dalam posisi diam, Fiesta seperti jalan. Tarikan garis yang nyata di sisi samping dan juga bagian depannya, menyiratkan Fiesta seperti jalan. Ini berkat kinetic design membuat bentuknya menjadi aerodinamis.

Fitur keamanannya, mobil dilengkapi ABS (anti-lock brake system) dan EDB (electronic brake distribution) dan ESP (electronic stability program= hasnya untuk yang 1,6L).

Trus, rangka bodi menggunakan baja baron sampai 55 persen. Ringan dan sangat kuat. Inilah yang membuat Ford berani membenamkan mesin 1,4L DOHC 16 valva dengan tenaga maksimum 95PS pada 5.750 rpm dan trosi 128 pada 4.200 rpm.

Itulah kelebihan dari Fortd Fiesta yang tak dipunyai kompetitornya. Buat anak muda, sangat cocok. Toh, kalau ingin memilikinya harus menguburkan brand image dan dapati kelebihannya.
Penulis: SBT
Editor: bastian
Dibaca : 110
Sumber-http://otomotif.kompas.com/read/2010/07/17/14130643/Ford.Fiesta.Yang.Bisa.Ngomong-3

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktops