Senin, 03 Oktober 2011

Ombak laut bersinar biru

Fenomena Ombak Biru yang Menyala dalam Gelap Terjadi di Pantai San Diego [Video]
Pantai San Diego di Amerika Serikat telah memikat banyak orang dengan fenomena pemandangan malamnya yang menakutkan di malam hari. Adanya gelombang ombak berwarna biru yang dapat menyala di dalam gelap (glow-in-the-dark) di daerah ini tampak sangat menakjubkan dan terlihat sulit untuk dipercaya.
Berdasarkan keterangan Los Angeles Times, kejadian ini disebabkan oleh sejenis alga aneh yang disebut sebagai "red tide" yang mengubah ombak menjadi berwarna merah di siang hari, sehingga memberikan efek ombak berwarna biru menyala di malam hari.
Menurut ilmuwan dari UC San Diego, organisme fitoplankton dengan nama Lingulodinium polyedrum telah berkembang sejak akhir Agustus lalu. Hal inilah yang mengubah air menjadi berwarna merah kecoklatan di siang hari.
Mengapa organisme tersebut bisa mengubah warna ombak? Warna ini disebabkan oleh adanya reaksi kimia yang dihasilkan dari pergerakan alga. Jika alga dalam jumlah banyak dipindahkan sekaligus (misalnya, karena ditabrak ombak) maka kilatan cahaya terang pada ombak menjadi terlihat.
Sebenarnya, kejadian tersebut menimbulkan adanya racun, tetapi tidak berbahaya bagi manusia.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktops