Selasa, 08 Juni 2010

Bola Mata Buatan Beusia 4800 Tahun

Oke, langsung gan..

Spoiler for penampakkannya:


Alkisah, pada saat berlangsungnya pembuatan piramida Giza Mesir, dan Stonehenge di Inggris,seorang pemuda Mesopotamia (sekarang Iran),
kehilangan mata kirinya. Kemudian ia memasang sebuah mata palsu dengan alat yang disebut Prosthetic device.

Spoiler for penampakkannya:


Spoiler for penampakkannya:


Mata buatan berusia 4.800 tahun ini ditemukan oleh beberapa tim arkeolog yang sedang melakukan penggalian terhadap situs purbakala di Burnt city, Iran. kota ini terletak 57 km dari kota Zabol di Sistan-Baluchistan province, tenggara Iran. kota ini menjadi salah satu situs prasejarah terpenting di Iran, sejak abad ke-3 SM.


Spoiler for Burnt City:


Spoiler for penampakkannya:


Temuan hebat ini telah mendukung spekulasi bahwa manusia pada masa itu telah mengenal dan mengalami kemajuan dalam bidang kedokteran.
Terbukti dengan penemuan mata buatan tadi sekaligus alat bedahnya.

Spoiler for penampakkannya:


Setelah sedikit diteliti, mata buatan tersebut terbuat dari semacam getah tumbuhan yang dipadatkan dengan cara khusus, dan dicampur dengan lemak hewani. Tapi, untuk mengetahui persis bahan penyusunnya, harus dilakukan penelitian lebih lanjut.



studi Perdana pada bola mata ini juga memperlihatkan adanya pembengkakkan di kelopak mata akibat kontak jangka panjang dengan bola mata. Selain itu, jaringan sisa kelopak mata masih terlihat pada bola mata buatan.

Menurut Director of Burnt City Archaeology Excavation team, Mansur Sajadi, bahkan kapiler mata yang paling halus yang terdapat pada bola mata ini, menggunakan kawat emas dengan ketebalan kurang dari setengah milimeter. Ada juga beberapa garis paralel di sekitar pupil membentuk bentuk diamond (wajik). Dua lubang juga terlihat di sisi bola mata ini untuk menahan dalam rongga mata.

Spoiler for penampakkannya:


studi antropologi Perdana pada sisa kerangka wanita yang memiliki bola mata buatan ini termasuk mengungkapkan bahwa dia adalah seorang wanita hibrida , yang meninggal 4800 tahun yang lalu antara usia 25 sampai 30.

Spoiler for makamnya gan:



Sejumlah manik-manik hias, sebuah kantong kulit, dan sebuah cermin perunggu juga ditemukan di makam wanita ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, arkeolog telah menemukan sejumlah artefak penting dan unik termasuk Pengaris 10 sentimeter dengan akurasi setengah milimeter di reruntuhan kota kuno. Mereka juga menemukan sebuah mangkuk dari tanah di Kota Burnt yang terdapat gambar, yang para ahli percaya, merupakan yang tertua di dunia, serta dadu tertua di dunia.

Spoiler for Dadunya gan:


Spoiler for mangkok beserta gambarnya:



Spoiler for stamps (??):





sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4313672

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktops