Sabtu, 20 Maret 2010

UGM Ciptakan Mobil Hemat Energi

YOGYAKARTA- Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menciptakan mobil hemat energi. Mobil yang diberi nama "SEMAR" ini kemarin diluncurkan di University Center UGM, Yogyakarta.

Ketua Tim Teofilus Hartono mengungkapkan, proses riset mobil ini sudah dimulai sejak Agustus 2009 sampai Maret 2010.Mobil ini, ujarnya, murni hasil kerja dan pemikiran mahasiswa UGM yang terbagi menjadi dua tim, yakni tim teknis dan nonteknis.

"Yang paling lama adalah proses riset karena tidak semua hasilnya bisa diaplikasikan saat perakitan. Bahkan, 90 persen waktu digunakan untuk itu," ungkap Hartono di sela-sela peluncuran SEMAR.

Dosen pembimbing UGM Jayan Sentanuhady mengungkapkan, mobil SEMAR memiliki kelebihan dibandingkan mobil lain. Bodi mobil ini, ujarnya, mengaplikasikan prinsip perforated suction sehingga bersifat aerodinamis.

SEMAR termasuk kendaraan tipe futuristic prototype yang memaksimalkan efisiensi energi dan mampu mengurangi gaya hambat angin.

"Mobil ini menggunakan teknologi sederhana namun tepat guna," paparnya. Mobil ini, lanjut Jayan,mampu menempuh jarak terjauh dengan bahan bakar seminimal. Sebab, teknologi pembakaran mesin mengaplikasi sistem injeksi yang bisa diprogram sesuai kebutuhan.

"Dengan 1 liter bensin,kendaraan ini bisa menempuh jarak kurang lebih 1.000 km atau setara Anyer- Panarukan," ungkap dia.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktops