Minggu, 11 Juli 2010

Persiapan Tayangan Final Piala Dunia 2010

Persiapan Tayangan Final Piala Dunia 2010

BeritaBola. Laga puncak Piala Dunia 2010 akan segera berlangsung. Laga yang bakal dilangsungkan di stadion utama Afrika Selatan, Stadion Soccer City, ini bakal disaksikan ratusan juta pasang mata di seluruh dunia. Mereka menonton pertandingan di layar televisi yang merupakan buah kerja puluhan kamera yang berada di dalam stadion.

Di Piala Dunia 2010, FIFA masih bekerja sama dengan provider broadcast yang telah menemani di beberapa event yang pernah mereka gelar. Host Broadcast Services adalah perusahaan yang membuat pertandingan yang membuat pertandingan di Piala Dunia 2010 bisa dinikmati oleh ratusan juta penggila bola di seluruh dunia. Mereka telah mendampingi FIFA di Piala Dunia 2002 dan 2006. Gelaran Euro 2008 dan Piala Konfederasi 2009 juga termasuk gawean perusahaan ini.

Untuk laga puncak di stadion Soccer City ini, dipastikan para penonton akan dimanjakan lewat tayangan berkualitas. Semua adegan di dalam stadion direkam melalui puluhan kamera melalui puluhan kamera. Sehingga penonton yang menyaksikan di layar televisi bisa merasakan satu perspektif lain yang tak bisa dinikmati penonton di dalam stadion.

Pihak Pemerintah Kota Johannesburg pun telah melakukan pembenahan menjelang puncak pesta sepak bola di negeri mereka. Jalur transportasi yang sempat menjadi kendala di awal gelaran adalah salah satu yang dibenahi Pemkot Johannesburg dengan bantuan dari Pemerintah Afrika Selatan.

Bagi penggila sepak bola yang tidak bisa datang langsung ke Afrika Selatan, siaran langsung televisi adalah acara yang pantang dilewatkan. Apalagi jika itu merupakan laga pamungkas. Keberadaan puluhan kamera yang menyiarkan partai final dari dalam stadion menjadi tayangan yang bisa membuat penonton dunia merasa berada di dalam stadion.

Kamera-kamera yang berada di dalam stadion terdiri dari beberapa jenis dengan kemampuan menangkap gambar yang berbeda. Secara umum, kamera yang digunakan adalah kamera standar, kamera gerak lambat (SSM), dan kamera ultra motion.

Selain itu, dengan penempatan kamera di banyak titik, para penonton tidak akan kehilangan momoen penting yang diambil dari beberapa sudut. Bahkan, di laga final ini bakal ada tambahan kamera yang ditempatkan di sebuah helikopter yang terbang di atas stadion sebelum hingga sesudah pertandingan.

Jenis kamera yang digunakan di partai final Piala Dunia 2010:

  • Kamera Tendangan Indah: ditempatkan secara permanen di bawah atap, berfungsi mengambil momen tendangan indah.
  • Net Cams: berada tepat dibelakang gawang yang ditempatkan dalam sebuah alat khusus. Bisa mengambil adegan-adegan yang terjadi di sekitar gawang dengan sangat ideal.
  • Spidercam: kamera yang digantung dengan menggunakan empat kabel yang melintang di atas stadion. Kamera ini menghasilkan gambar antara 60-90 derajat dari permukaan lapangan.
  • Kamera Helikopter: ditempatkan di sebuah helikopter dan bisa memberikan tanyangan suasana di dalam dan sekitaran stadion.
  • Kamera Stasioner: punya daya jelajah tinggi dengan kamera yang bersudut lebar. Dioperasikan oleh operator dengan sebuah alat khusus yang membuat kamera bisa dibawa bergerak tanpa terlihat bergoyang.
  • Kamera Sudut Statis: memberikan gambar keseluruhan stadion dengan sudut yang sangat lebar.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktops