Minggu, 11 Juli 2010

Peluang Bisnis Bibit Tanaman Buah Menjanjikan

Peluang Bisnis Bibit Tanaman Buah Menjanjikan

Peluang  Bisnis Bibit Tanaman Buah Menjanjikan
DENPASAR--MI: Peluang bisnis bibit tanaman buah-buahan di Denpasar, Bali, masih cukup menjanjikan, karena seorang pedagang saja dalam sehari rata-rata mampu mencapai omset penjualan Rp2 juta.

Hal itu seperti diakui seorang pedagang bibit tanaman buah Watno,22, yang menggelar usahanya di pasar rakyat kawasan parkir Lapangan Puputan Renon, Denpasar, Minggu (11/7).

"Minat masyarakat terhadap bibit tanaman jenis buah-buahan saat ini cukup bagus, mudah-mudahan ke depan semakin meningkat," harapnya.

Pedagang asal Jawa itu menawarkan berbagai jenis bibit tanaman, seperti mangga, jambu air, kelengkeng, nangka, dan durian, yang hampir semuanya diminati masyarakat.

Selain jenis tanaman buah, di tempat berjualan berukuran tiga kali empat meter yang disewa itu, Watno juga menyediakan bibit tanaman buah langka seperti kepel, duku, dan kesemek.

Dia juga melengkapi dagangan pendukung budidaya tanaman, seperti aneka jenis pupuk, pot bunga, kantong pot (poly bag), hingga berbagai jenis obat tanaman, termasuk peranagsang buah.

"Beberapa bibit tanaman buah langka yang kami tawarkan juga disambut baik oleh masyarakat yang ingin menanamnya di pot," kata Watno didampingi rekannya.

Pemuda lajang asal Boyolali, Jawa Tengah itu, mengaku bahwa setiap ada acara keramaian di Bali yang memungkinkan bisa masuk untuk menawarkan barang dagangan tersebut, dirinya akan selalu berusaha untuk bisa turut berjualan.

"Stan ini milik bos saya yang berasal dari Surabaya. Kalau ada kegiatan yang kiranya dagangan kami dapat turut dipasarkan, pastinya bos saya ikut," ujarnya.

Melihat peluang menjanjikan itu, kata Watno, pihak perusahaannya saat ini berencana mencari tempat untuk pengembangan bibit aneka tanaman tersebut di Bali.

Senada dengan Watno, beberapa petani di Denpasar juga mengakui bahwa peluang bisnis penjualan bibit tanaman masih sangat meenjanjikan, seiring tren gerakan penghijauan dan pelestarian lingkungan.

"Saat ini permintaan bibit tanaman buah cukup tinggi. Saya punya harapan besar dengan program 'Bali Hijau'. Permintaan bibit tanaman khususnya buah-buahan bisa semakin meningkat," Kata Agung, petani di Kawasan Jalan Hayam Wuruk, Denpasar. (Ant/Ol-3)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktops