Senin, 12 Juli 2010

Awas, Diet Ketat Sebabkan Tulang Rapuh

Awas, Diet Ketat Sebabkan Tulang Rapuh

Aktris Gywneth Paltrow mengakui, ia divonis menderita osteopenia (tulang rapuh) akibat diet ketat yang dilakukannya. Sebagai aktris, ia memang dituntut untuk menjaga berat badannya tetap ideal. Sebenarnya apakah osteopenia itu dan bagaimana bahayanya?


Osteopenia adalah istilah untuk menggambarkan kondisi berkurangnya kepadatan tulang sehingga tulang menjadi rapuh dan tak sekuat tulang yang normal. Akan tetapi, osteopenia tidak seburuk osteoporosis.

Meski demikian, osteopenia perlu mendapat perhatian serius karena ini adalah lampu kuning yang akan berlanjut pada osteoporosis. Pada umumnya, osteoporosis lebih banyak terjadi pada wanita usia lanjut.

Pada awalnya osteopenia tidak bergejala. Ada kalanya osteopenia baru diketahui setelah adanya fraktur tulang. Selain itu, biasanya kondisi ini baru diketahui setelah dilakukan pemindaian kepadatan tulang yang tidak menyakitkan dan sederhana. Pemeriksaan dilakukan pada tulang belakang, panggul, atau pergelangan tangan.

Mereka yang mengalami kekurangan kalsium, mengonsumsi obat-obatan golongan kartikosteroid, merokok, kurang olahraga, serta adanya gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia, lebih berisiko mengalami tulang rapuh. Wanita lebih banyak menderita osteoporosis dibanding pria.

Olahraga secara teratur juga akan mencegah tulang rapuh. Penelitian menunjukkan, wanita yang berolahraga secara teratur mengalami kenaikan mencolok pada kadar kalsium total dalam tubuhnya.

Olahraga sebaiknya dilakukan sejak muda. Latihan yang baik antara lain jalan kaki, angkat beban dengan dumbel kecil ditekankan pada pinggul, paha, punggung, lengan, dan bahu.
AN
Editor: Anna
Sumber: daily mail
http://female.kompas.com/read/xml/2010/06/28/11024527/awas.diet.ketat.sebabkan.tulang.rapuh

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktops